Sentra Kerajinan Batik Wijirejo Pandak Bantul, Pusat Belanja Batik di Bantul Barat

 Wisata, Wisata Kerajinan
Sentra Kerajinan Batik Wijirejo Pandak Bantul. Wijirejo Pandak Bantul dikenal masyarakat luas karena merupakan sentra kerajinan batik khas Bantul. Kerajinan Batik yang dikerjakan beberapa masyarakat di Wijirejo merupakan turun temurun dari pendahulunya yang bekerja di Kota Jogja sebagai karyawan toko toko batik dan membuka usaha batik sendiri. Batik yang dihasilkan oleh pengrajin batik di Wijirejo banyak digunakan oleh instansi instansi pemerintah maupun swasta untuk seragam .
Batik yang diproduksi di Wijirejo beraneka ragam mulai dari batik tulis asli, batik cap, batik campuran (kombinasi) tulis dan cap. Berbeda dengan Sentra Batik Giriloyo yang lebih banyak batik tulis, di Wjijirejo Pandak ini lebih banyak baik cap yang diproduksi.
Motif yang dikembangkan oleh Pengrajin Batik Wijirejo merupakan motif khas kraton Yogyakarta karena dulunya memang bekerja sebagai karyawan batik, namun dikembangkan dengan modifikasi. Apabila motif kraton untuk kalangan kraton, maka batik Wijirejo dikembangkan untuk kalangan rakyat biasa (dulunya seperti itu). Namun kini batik batik Wijirejo banyak diminati berbagai kalangan. 
Motif motif yang dikembangkan antara lain motif kembang kenanga, krembyah, alas-alasan, dan motif taru polo.
Untuk harga batik di Sentra Kerajinan Batik Wijirejo Pandak Bantul ini berkisar antara 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah
Apabila anda berminat untuk mengunjungi Sentra Kerajinan Batik Wijirejo Pandak Bantul, anda bisa lewat Bantul kearah selatan hingga perempatan Palbapang belok kanan hingga lampu merah Jodog, ambil jalan yang kanan lurus menuju ke Pijenan Wijirejo Pandak Bantul.
Selamat berbelanja batik

image : smpn9depok.wordpress.com
 



Author: 

No Responses

Leave a Reply